empat 4d

empat 4d

Ruang dimensi empat, juga dikenal sebagai caturmatra dalam bahasa Inggris, merupakan kelanjutan matematis dari konsep tiga dimensi atau ruang 3D. Ruang 3D hanya memerlukan tiga dimensi untuk menggambarkan ukuran atau posisi objek. Namun, dengan menambah satu dimensi lagi, yaitu waktu, kita dapat menciptakan seni rupa berbasis waktu yang mengandung gerakan dan suara dalam bentuk video. Di dunia matematika, ruang 4D digunakan dalam penelitian dan pengembangan, seperti Four-D Model (4D), yang didasarkan pada empat tahapan, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Ruang 4D juga umumnya dikaitkan dengan permainan lotere 4D, termasuk Magnum 4D, Da Ma Cai, Sports Toto 4D, Cambodia 4D, dan Singapore 4D. Selain itu, ada banyak seniman terkenal di seluruh dunia yang telah menciptakan karya seni visual 4D yang menakjubkan, seperti penggambaran Sam yang dikembangkan oleh Elliot Mantello. Model 4D dapat pula digunakan dalam pengembangan produk berupa media pop-up dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Tahapannya meliputi Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran, di mana tiap tahap dikenakan penilaian skala (1-4) sesuai dengan kategori kelayakan produk yang dihasilkan. Tahap akhir dari model 4D ini adalah disebarkan serta diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui respons mereka.